1

10 PESEPAKBOLA INGGRIS TERBAIK YANG TIDAK PERNAH MEMENANGKAN GELAR BERSAMA INGGRIS

Inggris adalah timnas tertua dalam sejarah sepakbola bersama dengan tetangganya, Skotlandia. Inggris dan Skotlandia pernah memainkan pertandingan internasional pertama pada tahun 1872 yang berakhir dengan nilai imbang 0-0. Sejak pertandingan 143 tahun yang lalu itu, total sebanyak 1.212 pemain telah dibatasi oleh timnas sepakbola Inggris, yang berarti rata-rata sekitar 8 sampai 9 pemain baru dibatasi setiap tahunnya.

Inggris pernah memenangkan Piala Dunia sekali, lalu mencapai semifinal Piala Dunia sekali dan semifinal Kejuaraan Eropa sebanyak dua kali.

Keputusan pelatih timnas Inggris tentang memilih pesepakbola mana yang akan mewakili negaranya selalu menjadi topik perdebatan yang hangat untuk dibicarakan. Tak perlu dikatakan lagi, jikalau para pemain ingin mewakili negaranya maka mereka harus mempunyai kemampuan terbaik. Namun ternyata, Inggris juga pernah menyia-nyiakan beberapa pemain terbaik mereka seperti tidak memasukkan beberapa nama pemainnya ke dalam skuat Inggris.

Mungkin ada sejumlah alasan mengapa beberapa pemain terbaik ini tidak dimasukkan ke dalam skuat Inggris, bisa jadi karena persaingan yang kuat antar pemain untuk mendapatkan bangku skuat inti ataupun pemain tersebut sedang dibekap cedera, namun ada juga beberapa alasan lain yang tidak dapat dijelaskan.

Semua nama pemain didalam artikel saya kali ini dianggap sangat beruntung karena pernah mewakili Inggris namun sayangnya, mereka tidak pernah meraih gelar apapun bersama Inggris. Berikut ini adalah 10 pesepakbola Inggris terbaik yang tidak pernah memenangkan gelar apapun bersama Inggris, diantaranya adalah :

1. Paul Davis

Paul David telah menghabiskan masa 15 tahun membela Arsenal dan ia telah bermain lebih dari 400 laga untuk klubnya. Bisa dikatakan jikalau Davis sukses bersama The Gunners, ia pernah memenangkan 2 gelar Liga Premier, 2 League Cups, 1 FA Cup, 1 European Cup Winners’ Cup dan 1 Charity Shield.

Inggris memainkan David sebanyak 11 laga saat membela England-U21, disini ia bertugas sebagai kapten dan mewakili England B. Pria Arsenal ini kerap terpilih untuk mengisi skuat Inggris namun sayang ia tidak pernah mempersembahkan gelar bagi timnas.

2. Ken Wagstaff

Dengan sejumlah nama yang terdapat dalam artikel ini, sangat sulit untuk memahami mengapa Inggris sulit memenangkan trophi padahal banyak pemain berbakat didalamnya. Tetapi dalam kasus Ken Wagstaff, hal ini akan sedikit lebih jelas. Waggy adalah pencetak gol produktif selama 16 tahun sehingga sulit bagi setiap pelatih Inggris untuk melupakan namanya. Wagstaff selalu memiliki kemampuan unik yang dapat membuatnya berada di tingkat tertinggi.

Dia adalah striker tersubur kala membela Mansfield Town dan Hull City sehingga dinobatkan menjadi pemain terbaik didalam sejarah kedua tim. Ia adalah satu-satunya pemain yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut di 2 klub Inggris.

3. Steve Ogrizovic

Menjadi kiper cadangan bisa menjadi posisi yang paling sulit untuk memenangkan caps, terlebih lagi pelatih tersebut mempunyai kiper andalan. Steve Ogrizovic selalu berada didalam bayang-bayang Peter Shilton dalam waktu yang cukup lama, setelah Shilton pensiun, Chris Woods langsung mengambil alih. Faktanya Ogrizovic adalah kiper yang sangat handal karena telah membela Coventry City selama 14 tahun dan tampil sebanyak 601 laga.

4. Ron Harris

Ron ‘Chopper’ Harris secara luas dianggap sebagai salah satu bek paling tangguh di jamannya, dibalik julukan tersebut, Harris adalah bek yang sangat berpengalaman. Ia telah menghabiskan waktu 19 tahun membela Chelsea dan Brentford, saat bersama Chelsea ia telah bermain sebanyak 795 laga.

Harris pernah membawa The Blues meraih League Cup, FA Cup dan European Cup Winners’ Cup tetapi tidak pernah memenangkan gelar apapun bersama timnasnya.

5. Alan Gowling

Alan Gowling sudah dimainkan lebih dari 500 laga untuk 5 tim berbeda, dan kelima tim tersebut berbasis di wilayah utara Inggris. Manchester United, Huddersfield Town, Newcastle United, Bolton Wanderers dan Preston North End adalah klub yang pernah dipimpin oleh Gowling.

Mantan pemenang Bolton Player of the Year ini bermain untuk timnas kala ia masih bersekolah, amatir dan England-U23 serta mewakili Inggris di Olimpiade 1968. Selama 17 tahun berkarir, Gowling sudah mencetak 129 gol namun tidak pernah memenangkan trophi untuk Inggris.

6. Steve Bruce

Salah satu nama pesepakbola yang paling terkenal dalam artikel ini, Steve Bruce boleh saja secara taknis tidak berbakat seperti beberapa pemain dalam artikel ini, tetapi jikalau melihat dari statistik karir dan prestasinya tentu akan sangat mengejutkan jikalau ia pernah memenangkan penghargaan individual.

Bek tengah ini menghabiskan waktu 9 musim di Old Trafford, bermain lebih dari 300 laga, memenangkan 3 gelar Liga Premier dan 9 trophi lainnya bahkan membentuk kerjasama yang kokoh bersama Gary Pallister. Tidak seperti kebanyakan pemain dalam artikel ini, Steve Bruce pernah ditawari kesempatan untuk berseragam timnas Inggris, namun ia menolak karena dirinya sudah berumur 34 tahun kala itu.

7. Kevin Campbell

Kevin Campbell sedikit bangga karena telah berhasil menjadi top-scorer terbanyak dalam sejarah Liga Premier, sayangnya ia tidak pernah memenangkan trophi untuk timnas Inggris. Striker tinggi ini pernah bermain untuk 7 tim berbeda selama berkarir lebih dari 19 tahun, namanya mulai dikenal dunia kala membela Arsenal, Nottingham Forest dan Everton.

Walaupun tidak pernah menciptakan rekor dunia, Campbell selalu menjadi top-scorer yang konsisten dan berhasil membukukan 148 gol dalam 499 laga secara keseluruhan. Cambell selalu berjuang keras kala bermain di England-U21 dan England B, namun ia tidak pernah bermain untuk timnas senior Inggris.

8. Tony Coton

Tony Coton adalah kiper terbaik yang sangat disayangkan tidak pernah meraih gelar apapun bersama timnas Inggris. Coton telah bermain lebih dari 500 laga selama berkarir 18 tahun, ia juga tampil eksklusif kala membela Birmingham, Watford dan Manchester City.

Dia adalah pemain kedua yang dilantik ke Watford FC Hall of Fame dan memenangkan Manchester City Player of the Season sebanyak 2 kali serta mendapat panggila untuk mewakili tim England B. Ia hanya melakoni 1 laga untuk timnas senior Inggris namun tidak pernah memenangkan penghargaan internasional. Coton menjadi agen sepakbola setelah pensiun.

9. Dennis Mortimer

Gelandang kelahiran kota Liverpool ini sudah bermain di 600 pertandingan selama karirnya sebagai pesepakbola, ia telah membukukan 47 gol dan momen yang paling diingat adalah tatkala dirinya berseragam Aston Villa selama 10 tahun.

 border=

Pada waktu itu, Mortimer adalah sosok penting dalam kesuksesan Villa, ia dipercaya menjadi kapten tim selama 7 tahun, ia bermain di sebuah periode dimana klub Villa menjadi juara kedua di Inggris dan Eropa serta pernah memenangkan League Cup. Mortimer telah bermain di England-U23 dan Englan B tetapi tidak pernah mendapat tempat untuk membela timnas senior Inggris.

10. Micky Hazard

Micky Hazard adalah pesepakbola Inggris yang tidak pernah diberi kesempatan untuk membela timnas senior Inggris. Gelandang bertubuh mungil ini sebenarnya memiliki teknik mengolah bola yang baik serta kemampuan untuk menerobos lini pertahanan lawan dengan akurat. Ia adalah bintang sepakbola saat membela Tottenham dan Chelsea pada tahun 1980-an.

Ia berhasil membawa Spurs memenangkan Fa Cup dan UEFA Cup, serta menambahkan Full Members Cup bagi Chelsea. Semua orang bertanya-tanya, kenapa namanya tidak pernah masuk kedalam skuat utama Inggris.